SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 1 No. 1 (2021)

PENGARUH KEMAMPUAN ABSTRAK DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI IPA SMA SEKABUPATEN BOGOR

MOHAMAD TAOFIK (SMA Negeri Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemampuan abstrak terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika (3) Pengaruh kemampuan abstrak dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan melalui teknik tes dan menggunakan analisis kuantitatif r1 = 0,547, menunjukan bahwa kemampuan abstrak dan prestasi belajar matematika mempunyai korelasi yang cukup berarti, kemampuan abstrak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 29,92%. Hasil pengujianuji hipotesis didapat Zo > Zt atau 9,46 > 1,96 berarti ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan abstrak dengan prestasi belajar matematika. Pengaruh tersebut dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y= 29,1+ 0,325 X1. r2 = 0,593 berarti kemampuan numerik dan prestasi belajar matematika mempunyai korelasi positif yang cukup berarti, kemampuan numerik berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 35,17%. Hasil pengujian hipotesis didapat Zo > Zt atau 10,25 > 1,96 berarti ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika Pengaruh tersebut dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y= 21,8+ 0,384 X2. r12y = 0,691, menunjukan bahwa kemampuan abstrak dan kemampuan numerik secara bersama-sama mempunyai korelasi positif yang cukup berarti, dan memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 74,75%. Hasil pengujian hipotesis didapat Fo > Ft atau 119,5 > 3,04 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan abstrak dan kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika. Pengaruh tersebut dapat dinyatakan dalam persamaan regresi Y = 10,2 + 0,205 X1 + 0,280 X2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...