Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 6, No 1 (2021)

IMPLEMENTASI METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) OLEH AGEN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN CIKANDE KABUPATEN SERANG

Muhamad Perdiansyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)
Ila Rosmilawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)
Dadan Darmawan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

IMPLEMENTASI METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) OLEH AGEN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN PIPITAN KECAMATAN CIKANDE KABUPATEN SERANG Muhamad Perdiansyah, Ila Rosmilawati, Dadan DarmawanUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten2221170037@untirta.ac.id, Irosmilawati@untirta.ac.id, dadan.darmawan@untirta.ac.id  ABSTRAKTujuan dari pemebuatan skripsi ini adalah untuk (1) mengtahui tahapan-tahapan metode PLA pada program PKH di Kecamatan Cikande. (2) untuk mengetahui gamabran proses pembelajaran yang berlangsung menggunakan metode PLA pada program PKH Kecamatan Cikande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sumber data yang diguankan adalah sumber data sekuder dan juga sumber data primer, sumber data sekunder merupakan data-data dari program PKH itu sendiri, dan sumber data primer merupakan sumber data yang didapatkan dari hasil wawancara dengan 3 orang pendamping dan 7 orang KPM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3, yaitu wawancara, observasi dan terkahir doukementasi, Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini juga ada 3 yaitu, reduksi data, display data, dan terkahir kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mennujukan bahwa (1) Tahapan metode PLA pada program PKH kecamatan Cikande, dilakukan oleh agen pendamping sistematis seuai dengan urutan dari masing-masing tahapan tersebut, dan setiap tahapannya menunjukan hasil yang baik dan terlihat bahwa KPM terlibat aktif dalam setiap tahapannya. Selanjutnya (2) Gamabaran proses belajar masyarakat menggunakaan metode PLA ini mennjukan hasil yang baik juga, dimana setiap proses diikuti oleh para KPM hingga selesai dan Pendamping menjadi fasilitator yang memfaasilitasi setiap kebutuhan para KPM terhadap program PKH di Kecamatan Cikande ini. Serta proses belajar menggunakan metode PLA ini sangatalah efektif untuk membentuk KPM yang mandiri dan sejahtera. Kata Kunci : Pendamping, Program Keluarga Harapan, Partcipatory Learning and Action

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...