EduReligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 5, No 1 (2021)

PENDEKATAN KOGNITIF-SOSIAL PERSPEKTIF ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhammad Nurul Mubin (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Abstrak - Pendekatan kognitif sosial Bandura mengemukakan bahwa perilaku merupakan akumulasi dari pengalaman masa lalu yang berupa keberhasilan atau kegagalan, persuasi sosial dari lingkungan sosial, keadaan emosi, dan pengalaman melihat model. Proses pendekatan ini juga dapat diterapkan pada Pendidikan Agama Islam, bagaimana guru melaksanakan pembelajaran pendidikan agama memerlukan model roll atau keteladanan di lingkungan sehingga dapat merangsang siswa. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan mengidentifikasi pemikiran atau temuan yang terdapat pada buku, makalah, jurnal, articel yang berkaitan dengan topik. Diskusikan dengan menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan ide pokok yang berkaitan dengan topik diskusi. Penerapan teori kognitif sosial dari Bandura untuk pembelajaran Pendidikan Islam sangat sesuai,Kata Kunci - Kognitif-Sosial, Albert Bandura, PAI

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edureligia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam is published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, with its main aim to spread critical and original analysis from researchers and academic practitioners on various contemporary educational issues. This journal encompasses research articles, ...