Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pada materi operasi bilangan cacah. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas 3 SDIT AL-HUSNA Kota Serang sebanyak 7 siswa berdasarkan pada hasil ulangan harian yang berada di bawah KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 5 butir soal essay berbentuk soal cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan cacah diantaranya: 1) kesulitan dalam menggunakan operasi hitung matematika; 2) kesulitan dalam memahami soal yang dimakud dan kesulitan dalam menerjemahkannya ke dalam kalimat matematika; 3) kesulitan dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Hal ini sebagaimana dari hasil analisis diketahui bahwa persentase tertinggi kesulitan siswa dalam melakukan operasi hitung mencapai 71%.
Copyrights © 2021