Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika, 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) mengetahui pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara bersamaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey dan pendekatan korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa SMP yang dipilih menggunakan simple random sampling. Uji statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika sebesar 63,90%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 65,70%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama sebesar 77,60%.
Copyrights © 2021