Penelitian ini disusun karena adanya permasalahan pada kemampuan mahasiswa UMRI semester 5, dalam membaca al-Qur’an menerapkan hukum bacaan Mad Thabi’i. maka dosen pembimbing berupaya meningkatkan kemampuan tersebut dengan cara menerapkan metode drill dalam proses pembelajaran. pada penelitian ini, hipotesis nihil (Ho) yang diajukan adalah “tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode drill dengan kemampuan mahasiswa menerapkan hukum bacaan mad thabī’ī dalam membaca al-Qur’an,”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dokumentasi dan wawancara. subyek penelitian ini adalah mahasiswa UMRI semester 5. sedangkan analisis datanya menggunakan rumus ‘r’ Product Moment dari Karl Pearson. hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hitung rxy lebih besar dari Rt baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%, yakni : rxy = 0,781 ≥ Rt 0,478 → untuk 1% dan rxy = 0,781 ≥ Rt 0,374 → untuk 5%. dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya “terdapat pengaruh positif yang signifikan” antara penggunaan metode drill dengan kemampuan mahasiswa menerapkan hukum bacaan mad thabī’ī dalam membaca al-Qur’an Universitas Muhammadiyah Riau.
Copyrights © 2021