Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 4, No 2 (2021)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada Materi Matriks untuk Siswa SMA

Vany Rova Febriannie (State Islamic University of Suska)
Annisah Kurniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Dalam rangka untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika  yang memenuhi kriteria valid, maka dilakukan penelitian berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks untuk siswa SMA. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes Penilaian Hasil Belajar (PHB). Jenis penelian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke sekolah akibat covid-19, maka prosedur penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development). Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Student Fasilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang memperoleh kategori kelayakan sangat valid dengan  persentase validitas sebesar 91,19%. Hasil persentase validitas dapat dirinci sebagai berikut: (1) validitas silabus yaitu 92,85%, (2) validitas RPP yaitu 86,83%, (3) validitas LKS yaitu 90,64%, dan (4) validitas tes PHB yaitu 94,44%, sehingga dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi matriks yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan ke tahap praktikalitas dan efektifitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...