Semenjak diterapkannya kebijakan social distancing akibat penyebaran wabah Covid-19. Beberapa instansi pemerintah seperti pelayanan publik mulai melakukan inovasi pelayanan secara online. Salah satu instansi tersebut ialah Disdukcapil Kabupaten Garut. Tercatat semenjak awal April 2020 pihak dinas telah menyelenggarakan pelayanan secara online melalui website resminya. Pelayanan ini tergolong cukup baru, mengingat sebelumnya dinas terkait belum menerapkan pelayanan serupa secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi secara daring. Sumber data diambil dari pihak Disdukcapil Garut dan masyarakat yang telah mengakses layanan tersebut. Setelah data-data diperoleh selanjutnya dilakukan proses analisis untuk kemudian dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa penerapan inovasi tersebut cukup relevan dengan situasi yang melatarbelakanginya, meskipun masih terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor seperti masih banyaknya masyarakat yang belum memahami penggunaan teknologi. Ditambah dengan mekanisme pelayanan yang bersifat darurat dan mendadak sehingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan pelayanan tersebut masih belum maksimal. Namun di sisi lain, melalui inovasi tersebut masyarakat Kabupaten Garut mendapat kemudahan dalam kepengurusan administrasi kependudukan secara cepat, mudah, dan tepat, meskipun masih diperlukan beberapa evaluasi untuk lebih memaksimalkan kinerja dari pihak dinas terkait sehingga masyarakat semakin nyaman dan puas.
Copyrights © 2021