Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 6, No 1 (2021)

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE DI UNIVERSITAS PAPUA

Irfan Irnandi (University of Papua)
Andi Fajeriani Wyrasti (University of Papua)
Firmansyah Firmansyah (University of Papua)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Melalui pembelajaran berbasis LMS, peserta didik dapat belajar kapan dan di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Berbagai aktivitas dapat dilakukan dalam pembelajaran ini, misalnya diskusi online, pemberian tugas, download materi, upload materi, video pembelajaran, send massage dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa jurusan pendidikan matematika dalam penggunaan elearning fkip. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Persiapan penelitian, 2) Pengumpulan data, 3) Analisis data, 4) Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data terdiri dari Angket penelitian dan Wawancara. Data dianalisis secara kualitatif .Hasil penelitian ini adalah lebih dari 75% mahasiswa telah memiliki kemampuan dasar untuk menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran. Kemampuan dasar yang dimaksud adalah mahasiswa telah mengetahui cara mengakses elearningfkipunipa.org seperti bisa login/logout, bisa bergabung kedalam kelas mata kuliah, bisa mengikuti pertemuan online, bisa mendownload materi/tugas, bisa mengirim tugas, dan bisa mengirim chat melalui forum diskusi. Namun untuk kemampuan mengerjakan kuis/tes secara langsung di elearningfkipunipa.org masih perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...