Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3, No 2 (2020)

Representasi Kapitaslis Karakter Mr.Crab dalam film animasi Spongebob Squarepants Movie "One Krab's Trash"

Rita Syilwie (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Representasi Kapitalis Karakter Mr. Crab dalam Film Animasi Spongebob Squarepants Movie “One Krab’s Trash” yang diproduksi oleh Nickelodeon dari Amerika Serikat yang pada awalnya ditayangkan pada tanggal 22 Februari 2002, ini mrupakan karya sutradara dari Stephen Hillenburg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter dari Mr. Krab salah satu tokoh animasi yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg yang sangat suka dengan uang dan sangat pandai dalam berbisnis. Penelitian ini termasuk jenis  penelitian kualitatif deskriptif.Menggunakan teori Semiotika John Fiske digunakan sebagai pisau analisis untuk menemukan simbol-simbol, makna dan yang merepresentasikan ideologi kapitalis pada film ini, metode yang dipakai adalah dengan mengelompokkan tanda berdasarkan scene-scene yang dilihat dari kode televisi, Didalam teori John Fiske “The Codes of Television” terdapat  tiga level proses pengkodean yaitu : Level Realitas, Level Representasi dan Level Ideologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah representasi kapitalis karakter Mr. Crab dalam film animasi Spongebob Squarepants Movie “One Krab’s Trash”, yang dimana di beberapa adegan di film tersebut Mr. Krab menjual barang-barang bekas dari tempat sampah dan di olah kembali untuk bisa dia jual dengan harga yang sangat mahal.Kata  Kunci :  Representasi Kapitalisme, Kode Televisi John Fiske

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EXPOSE

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi is a biannual peer-reviewed journal published by Communication Studies, School of Humanities, President University; that has a broad scope related (but not limited) to interpersonal to mass communication issues, public relations, social media and cultural ...