Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan implementasi supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SD Negeri 1 Kartoharjo Nganjuk 2) Hasil pelaksanaan implementasi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SD Negeri 1 Kartoharjo Nganjuk 3) Kendala dan solusi supervisi klinis yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SD Negeri 1 Kartoharjo Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan sebagai berikut : 1) perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru adalah dengan merancang apa yang diingin disupervisi sesuai dengan kebutuhan dan keperluan guru-guru dengan melibatkan kurikulum dan beberapa guru. Yang disupervisi kepala sekolah seperti datang keruangan kelas untuk melihat kegiatan pembelajaran di kelas, persiapan perlengkapan pembelajaran seperti RPP atau silabus, prota, prosem, penilaian, alat-alat peraga, buku pegangan dan sebagainya 2) hasil pelaksanaan dapat meningkatkan professional terhadap guru yang dibina walaupun ada sebagian guru yang masih perlu disupervisi lagi 3) kendala dalam supervisi klinis ini kurangnya guru dalam mata pelajaran umum dan faktor ekonomi, sehingga kepala sekolah memberikan jam tambahan. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja guru serta profesionalisme semakin meningkat.
Copyrights © 2021