Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP)
Vol 1 No 3 (2020): September 2020

Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah

Sarleni Sarleni (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Asrul Asrul (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Wa Rosida (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMA Negeri 2 Asera Kabupaten Konawe Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui  dan mendeskripsikan peran HUMAS dalam meningkatkan citra sekolah di SMA Negeri 2 Asera Kabupaten Konawe Utara. Analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif  kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Humas dan 4 orang guru SMA Negeri 2 Asera  serta 2 orang tokoh masyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran HUMAS dalam meningkatkan citra sekolah di SMA Negeri 2 Asera adalah mencangkup peran sebagai komunikator (communicator) dengan menjadi sumber informasi dan pemberi layan informasi, berperan sebagai penghubung atau relationship dalam menjembatani aspirasi masyarakat terhadap pengembangan sekolah dan membangu kerja sama dengan masyarakat, sebagai pendukung (back up management) dalam lingkungan SMA Negeri 2 Asera juga berjalan dengan baik dengan peran HUMAS menjalankan setiap kebiajakan yang dikeluarkan oleh sekolah serta peran HUMAS sebagai sebagai pencipta citra (good image maker) di lingkungan SMA Negeri 2 Asera menunjukan bahwa telah dilakukan dengan baik dan cukup efektif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) merupakan jurnal publikasi berbasis online dan printed yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kendari. Artikel yang diterima di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian dan review artikel maupun buku. Jurnal ...