CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2021): Agustus

Strategi Pemanfaatan Marketplace Guna Peningkatan Omzet Pada Situasi Pandemi Covid-19 UMKM Sahabat Ibu

Afridayani (Unknown)
Tiwi, Adhitya Putri Pratiwi (Unknown)
Lyandra Aisyah Margie (Unknown)
Habibah (Unknown)
Muhammad Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2021

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat efek yang ditimbulkan terhadap omzet UMKM melalui pemanfaatan marketplace di situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada hampir seluruh aspek di seluruh negara, termasuk Indonesia. UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak oleh Pandemi Covid-19. Kegiatan ini diperuntukkan bagi salah satu UMKM dibawah binaan Rumah Pemberdayaan Masyarakat, yaitu UMKM Sahabat Ibu. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, instruksi, simulasi dan evaluasi. Seluruh kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan media marketplace diantaranya adalah Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Tim pengabdi menarik kesimpulan hasil dari kegiatan ini adalah UMKM Sahabat Ibu memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menguasai teknologi informasi dalam meningkatkan omzet penjualannya, UMKM Sahabat Ibu tidak mengandalkan strategi pemasaran secara konvensional saja, namun untuk menjangkau pasar yang lebih luas khususnya pada situasi pandemic ini, UMKM Sahabat Ibu mulai “melirik” strategi pemasaran online, tim pengabdi menawarkan untuk melakukan evaluasi secara berkala terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi dalam melakukan penjualan online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

caradde

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Ilin Institute. Menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia, kesehatan, teknologi tepat guna, dan kesehatan memiliki e-ISSN: 2621-7910 dan ...