Agritrop : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal of Agricultural Science)
Vol 19, No 1 (2021): Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian

Pengaruh Pemberian Berbagai Dosis KNO3 dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair Urin Sapi Terhadap Pertumbuhan Kubis Bunga (Brassica Oleraceae L.)

Ejang Gumilar (Universitas Garut)
Atak Tauhid (Universitas Garut)
Isna Tustiyani (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan dosis KNO3 dan konsentrasi pupuk organik cair urin sapi terhadap pertumbuhan kubis bunga. Penelitian dilaksanakan di Desa Cintanagara Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut dari bulan Juli sampai Agustus 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor masing-masing faktor 4 taraf denganĀ  2 kali ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk KNO3 yang terdiri dari 0, 175, 263 dan 350 g KNO3/plot; faktor yang kedua konsentrasi pupuk organik cairĀ  (POC) urin sapi yang terdiri dari 0, 100, 1000, 1500 ml POC/L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara dosis KNO3 dan urin sapi. Secara mandiri perlakuan pupuk KNO3 berpengaruh terhadap peubah tinggi tanaman, jumlah daun, diameter bunga dan bobot bunga dengan dosis terbaik adalah 350 g KNO3/plot. Secara mandiri perlakuan urin sapi berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun dengan perlakuan terbaik pada 1000 ml urin sapi/L.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AGRITROP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL AGRITROP adalah publikasi ilmiah hasil penelitian ilmu-ilmu pertanian yang diterbitkan atau dikelola oleh dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal agritrop ini diterbitkan secara berkala tiap semester atau satu tahun dua kali terbit, yaitu pada Bulan Juni dan ...