ABDIMAS SILIWANGI
Vol 4, No 2: Juli 2021

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR DARING BERBASIS METAKOGNITIF MELALUI SERVICE LEARNING APPROACH

Ika Mustika (IKIP Siliwangi)
Wikanengsih Wikanengsih (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Pendampingan penyusunan bahan ajar daring berbasis metakognitif merupakan bagian dari program pengabdian pada masyarakat yang pertama kali dilaksanakan secara virtual oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi. Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 telah memicu transformasi budaya baik bagi guru, siswa maupun orang tua. Permasalahan pembelajaran daring mengemuka, diantaranya  guru memiliki keterbatasan dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dibutuhkan bahan ajar daring yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri di rumah. Kegiatan ini bertujuan untuk mendesiminasikan penyusunan bahan ajar daring berbasis metakognitif khusus materi ajar Bahasa Indonesia dalam bentuk 3D PageFlip Professional.  Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah  workshop melalui service learning approach dengan tiga tahapan kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap layanan, dan tahap refleksi. Pendampingan diikuti para guru tingkat SMP dan SMA di Wilayah Kabupaten Cianjur. Hasil pemahaman peserta sebelum dan setelah pendampingan melalui workshop menunjukkan perbandingan yang cukup ssignifikan dalam  menyusun bahan ajar daring berbasis metakognitif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...