SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Vol 5 No 2 (2021): July 2021

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19

Mega Suliani (Unknown)
Abdan Matin Ahmad (STAI Darul Ulum Kandangan)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh menyisakan beberapa problem bagi para pendidik, termasuk guru matematika. Sehingga muncul berbagai berbagai macam faktor yang menjadi kendala pada pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab dan cara mengatasinya serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 6 Hulu Sungai Selatan pada masa pandemic Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan uji statistik yaitu uji dua mean untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang siswa kelas IX MTs Negeri 6 HSS tahun pembelajaran 2019/2020, terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki yang tergolong siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu faktor yang menjadi kendala pada pembelajaran jarak jauh meliputi pelaksanaan pembelajaran hanya memanfaatkan media WhatsApp Group, fasilitas dan sarana prasarana penunjang PJJ berupa Handphone dan jaringan internet yang sering mengalami gangguan, kurangnya perhatian orang tua/wali murid pada saat siswa mengikuti PJJ, subjek merasa jenuh ketika belajar online, dan subjek mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh karenanya subjek memerlukan bimbingan langsung dari guru ataupun orang tua/wali murid. Selain itu juga, guru dapat menggunakan media lain berupa video pembelajaran interaktif. Sehingga siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, dengan begitu akan berdampak juga pada prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

supremum

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) is a journal of mathematics education that publishes research papers and studies in the field of mathematics education. SJME is a biannual (January and July), peer-reviewed, open access journal, edited by the Mathematics Education, Faculty of Teacher ...