Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar

Dipa Sari Bonatua (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)
Dodik Mulyono (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)
Riduan Febriandi (STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bahwa permasalahan guru pada umumnya sebagian nilai-nilai rata-rata siswa untuk materi pembelajaran belum tuntas dan masih banyak siswa di bawah nilai KKM yang ditetapkan ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Marga Tunggal. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas IV SD Marga Tunggal. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara teknik non probability dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 10 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Menggunakan Media Gambar Pada Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Marga Tunggal. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pretest 48,08 dan posttest 78,3. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR ( Auditory, Intellectually Repetition) tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Marga Tunggal secara signifikan tuntas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...