Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Faktor-Faktor Penyebab Peningkatan Nilai Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh Ppda Masa Pandemi Covid-19

Nurul Aini Putri (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Zulela M.S (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Otib Satibi H (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mendeskripsikan informasi mengenai faktor yang menyebabkan meningkatnya nilai siswa sekolah dasar pada pembelajaran jarak jauh pandemi covid-19. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dan angket. Dalam penelitian ini responden sebanyak 22 orang, terdiri dari dua orang guru yaitu guru SDN Rawamangun 01 dan guru SDT Pelita Hati, sepuluh orang siswa kelas 2 SDN Rawamangun 01 dan sepuluh orang siswa kelas 6 SDT Pelita Hati. Hasil penelitian yaitu terdapat empat faktor yang menyebabkan meningkatnya nilai siswa pada masa pembelajaran jarak jauh pandemi covid-19 yaitu, kemandirian belajar siswa, peran orang tua, kemudahan teknologi, dan bimbingan belajar. Adapun faktor yang membedakan siswa kelas rendah dengan kelas tinggi yaitu, faktor yang menyebabkan peningkatan nilai pada siswa kelas rendah yaitu peran orang tua, kemudahan teknologi, dan bimbingan belajar. Sedangkan faktor yang menyebabkan peningkatan nilai siswa kelas tinggi yaitu kemandirian belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...