Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar

Noven Willya Sukma (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Syahrul R (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rakimahwati Rakimahwati (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Abna Hidayati (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku yang disediakan oleh kemendikbud masih menjadi satu-satunya buku yang digunakan oleh guru dalam mengajar, sementara materi pada buku tersebut masih dangkal. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model PBL yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 18 orang. Hasil uji validitas bahan ajar diperoleh rata-rata 94,3 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket repon guru dan siswa diperoleh rata-rata 94 dan 92,5 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata kemampuan kognitif siswa dari pembelajaran 1-6 yaitu 84,5 kategori sangat baik, rata-rata penilaian sikap siswa diperoleh 82,40 kategori sangat membudaya, dan rata- rata penilaian aspek psikomotor yaitu 85,7 predikat sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis model PBL layak digunakan di kelas IV SD dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...