Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di Sekolah Dasar

M Tamrin (Universitass Bung Hatta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis karakter pada kelas V SD Negeri 07 Koto Panai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada KD IPS 3.4. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 29 siswa kelas V SD. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 89,4%, ahli bahasa 95,5%, dan ahli desain 84,72%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 89,8% dengan kriteria valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 93,18% dan praktikalitas oleh siswa 88,55%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 90,86% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis karakter telah valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...