Jurnal Tadris Matematika (JTMT)
Vol 2 No 1 (2021): Volume 02 Nomor 1 July 2021

Profil Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal

Ani Wardani (STMIK BINA ADINATA)
Prima Mytra (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Fitriani Fitriani (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, baik siswa yang berkemampuan awal tinggi (KT), berkemampuan awal sedang (KS) dan siswa berkemampuan awal rendah (KR), Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 3 orang siswa masing-masing terdiri dari satu orang KT, satu orang KS dan satu orang KR. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa kelas VIII dengan kemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan masalah matema tika menunjukkan profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika melalui tahapan 1) memahami masalah, 2) Merencanakan, 3) melaksanakan rencana dan 4) memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan awal sedang dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika melalui tahapan 1) memahami masalah, 2) Merencanakan, dan 3) melaksanakan rencana, siswa berkemampuan awal sedang tidak menunjukkan profil berpikir reflektif dalam langkah memeriksa kembali. Sedang siswa dengan kemampuan awal rendah dalam menyelesaikan masalah matematika hanya menunjukkan karakeristik profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika dua langkah pemecahan masalah menurut Polya dalam masalah matematika melalui tahapan, yaitu langkah memahami masalah dan merencanakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Jtm

Publisher

Subject

Library & Information Science Mathematics

Description

Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti ...