Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Online (PPDB Online) dirancang dengan tujuan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat luas yang akan mendaftarkan diri ke sekolah, dengan memberikan proses yang transparasi, dan akuntabel. Namun sayangnya banyak masyarakat yang belum dapat memahami bagaimana proses tersebut dapat dilakukan sehingga masih jauh dari tujuan untuk memberikan kemudahan dan kepuasan pada masyarakat khususnya di Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa efektifitas peningkatan layanan pendidikan berbasis IT dari sistem informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di kota Bekasi menggunakan metode Technology Acceptance Model. Langkah analisa yang dilakukan menggunakan metode ini dengan mengidentifikasi pengaruh pengguna pada faktor persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi niat pengguna, dan persepsi sikap pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor yang paling dominan mempengaruhi efektifitas pelayanan adalah kemudahan sistem PPDB online, dan faktor ini sangat berpengaruh terhadap sikap pengguna dalam menggunakan sistem PPDB di Kota Bekasi. Tetapi perlu dilakukan peningkatan pada faktor persepsi manfaat terhadap niat pengguna.
Copyrights © 2021