Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa sehingga penulis tergerak untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping dan metode drill yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping dan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 MTs Negeri 1 Jakarta. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes. Instrumen tes menggunakan tes uraian untuk soal pretest dan posttest. Instrumen tes dibuat sebanyak 15 soal yang disesuaikan dengan indikator materi statistika dan indikator hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pretest dan posttest terdapat perbedaan dan dapat ditunjukkan dalam perhitungan uji hipotesis uji-t paired sample dengan atau 12,61 > 1,714 yang berarti bahwa ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dan metode drill berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2021