Jurnal Teknik Kimia
Vol 26 No 3 (2020): Jurnal Teknik Kimia

Pemanfaatan limbah Polyester Staple Fiber (PSF) dan Polyester Suction Waste (PSW) sebagai pengisi pada kulit sintetis berbasis Polivinil Klorida (PVC)

Erfina Oktariani (Program Studi Teknik Kimia Polimer, Politeknik STMI Jakarta)
Annisa Rakhma (Program Studi Teknik Kimia Polimer, Politeknik STMI Jakarta)
Mariyatul Hasanah (Program Studi Teknik Kimia Polimer, Politeknik STMI Jakarta)
Untung Prayudie (Program Studi Teknik Kimia Polimer, Politeknik STMI Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Limbah Polyester Staple Fiber (PSF) dan Polyester Suction Waste (PSW) merupakan produk yang tidak memenuhi spesifikasi dari industri hulu tekstil yang dijual sebagai polyester popcorn dengan harga murah. Industri mobil kelas menengah sudah menggunakan material kulit sintetis sebagai jok (seat cover). Untuk meningkatkan nilai tambah limbah PSF dan PSW, maka penelitian ini mengembangkan kulit sintetis berbasis polivinil klorida (PVC) dengan pengisi PSF dan PSW. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan PSF dan PSW serta rasio massa PVC: Dioctyl Phthalate (DOP) terhadap stabilitas termal dan kekuatan tarik pada kulit sintetis PVC. Resin yang digunakan adalah PVC dengan pemlastis DOP dan seng stearat sebagai stabilizer. Kulit sintetis tersusun atas lapisan atas dan lapisan dasar kompon PVC dengan aditif, yang kemudian dilaminasi dengan PSF atau PSW dan kain jenis woven. Rasio massa PVC: DOP divariasikan menjadi 1:2 dan 3:5; dengan variasi massa PSF dan PSW sebesar 0; 2,5 dan 5 g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah PSF maupun PSW dapat meningkatkan stabilitas termal, tetapi menurunkan nilai kekuatan tarik. Meskipun demikian, nilai kekuatan tarik kulit sintetis yang dihasilkan masih memenuhi syarat minimal SNI 1294:2009 tentang kulit imitasi. Hal ini menunjukkan bahwa limbah PSF dan PSW berpotensi sebagai material pengisi di industri kulit sintetis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknik Kimia merupakan publikasi tulisan ilmiah hasil riset dan pengalaman lapangan di bidang Teknik Kimia, mulai dari prinsip dasar atau fundamental sampai pada penerapan/aplikasinya di industri. Jurnal Teknik Kimia dalam versi cetak telah diterbitkan sejak tahun 1996. Jurnal Teknik Kimia ...