Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika
Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika

Desain Pengendali A Modified Fractional Order PID (PI^λ D^μ) untuk Pengendalian Level Pressurizer pada Pressurized Water Reactor (PWR)

Rissa Damayanti (Univesitas Indonesia)
Abdul Halim (Univesitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Desain Pengendali A Modified Fractional Order PID () untuk Pengendalian Level Pressurizer pada Pressurized Water Reactor (PWR). Sistem pengendalian level air pada pressurizer ini dilakukan untuk menjaga keselamatan saat reaktor PWR sedang beroperasi. Pengendalian ini dilakukan dengan mempertahankan level air di pressurizer pada setpoint ketinggian tertentu. Ketinggian level  air akan  berubah sesuai dengan kondisi dari  reaktor  nuklir  seperti  bila terjadi proses  pengisian, pemanasan,  pendinginan,  perubahan  konsentrasi  boric  acid dalam  kalang  primer, serta  kemungkinan adanya kebocoran di pompa sirkulasi utama atau jalur pipa primer. Berbagai metode pengendalian telah banyak dikembangkan dengan tujuan untuk mendapatkan sistem pengendalian dengan tingkat respond sistem dan keselamatan paling baik. Penelitian  ini  bertujuan untuk  menjawab  permasalah yang ada dengan menggunakan sistem pengendalian Fractional Order PID serta membuktikan bahwa dengan menggunakan sistem pengendali tersebut akan memberikan hasil yang lebih  baik  dari  aplikasi  sistem  yang sudah ada. Pada penelitian ini diperoleh konfigurasi gain pengendali FOPID yang paling sesuai dengan persyaratan desain dengan nilai Kp sebesar 223.764, Ki sebesar 132.404, Kd sebesar 93.98 dan λ sebesar 0.0119,  sebesar 1.0080, yang menghasilkan waktu penetapan (settling time) lebih cepat 285 kali dan lewatan maksimum (maximum overshoot) lebih rendah 48.6 kali bila dibandingkan dengan pengendali  digabung dengan  pada penelitian sebelumnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtaf

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti di bidang fisika teori dan aplikasinya. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Januari dan ...