Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media pembelajaran hidroponik dengan penambahan (led growh light). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dimana responden peneitian terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data melalui lembar observasi yang terdiri dari beberapa butir-butir pernyataan yang dibuatkan berdasarkan 4 aspek aktivitas yaitu aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendegarkan dan aktivitas motorik. Selanjutnya peserta didik akan diberikan tes objektif pilihan ganda pada awal (pre-test) dan akhir (post-test) untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan media pembelajaran simulator hidroponik berbasis mikrokontroller  pada peserta didik berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil rata-rata menujukkan penilaian kategori aktif dan sangat aktif dengan nilai yang diperoleh pada pertemuan 1 66 %, pertemuan 11 74.75 % dan pertemuan III 8.50 %. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya pengaruh dan peningkatan melalui melalui penerapan media pembelajaran simulator hidroponik berbasis mikrokontroller dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 66 % dan post-test 74.75 % . Hal ini terlihat dari nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,71 dengan kategori tinggi atau cukup efektif.
Copyrights © 2021