Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 1 (2021)

Diagnosis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII SMP Negeri13 Kota Benkulu

Sarah Dalilah Sausan (Prodi pendidikan matematika)
Nurul Astuty Yensy (Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu)
Teddy Alfra Siagian (Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu)
Tria Utari (Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pokok bahasan perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII E SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Pengumpulan data penelitian hanya menggunakan tes. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak enam butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang materi perbandingan berdasarkan pendekatan kompetensi dasar dan indikator, adalah: (1) Kesalahan dalam menentukan rasio dua besaran dengan satuan berbeda dalam masalah kontekstual dilakukan peserta didik dengan persentase 83,87%, (2) kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai dengan tabel dilakukan peserta didik dengan persentase 77,41%, (3) kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai dalam masalah kontekstual dilakukan peserta didik dengan persentase 77,41%, (4) kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai yang berkaitan dengan skala pada peta dilakukan peserta didik dengan persentase 74,19%, (5) kesalahan dalam menentukan perbandingan berbalik nilai dalam masalah kontekstual dilakukan peserta didik dengan persentase 96,77%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...