INFOSYS (INFORMATION SYSTEM) JOURNAL
Vol 5, No 1: InfoSys Agustus 2020

Algoritma K-Means Untuk Mengelompokkan Suplier Obat (Studi Kasus: RS. Prima Husada Cipta Medan)

Fahdin Zikri (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potensi Utama, Jl.K.L. Yos Sudarso KM 6.5 Tanjung Mulia-Medan)
Fina Nasari (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potensi Utama, Jl.K.L. Yos Sudarso KM 6.5 Tanjung Mulia-Medan)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

Obat merupakan zat yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral maupun zat kimia tertentu yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, memperlambat proses penyakit dan atau menyembuhkan penyakit. Obat-obat yang diterima oleh RS. Prima Husada Cipta Medan merupakan obat yang telah dikirimkan oleh suplier-suplier nya. Dengan banyaknya data tersebut, maka bagian Farmasi RS. Prima Husada Cipta Medan mengalami kesulitan untuk menentukan tingkat pengiriman terhadap masing-masing supplier. Dari permasalahan yang ada, maka penulis ingin menerapkan data mining dengan algoritma K-Means (Clustering) menggunakan aplikasi RapidMiner untuk mengelompokkan data supplier, yang awalnya tidak tersusun/terstruktur bisa menjadi data yang terstruktur, selain itu penggalian informasi pada sebuah data yang berukuran sangat besar (memiliki jumlah field dan jumlah record yang banyak) tidak dapat dilakukan dengan mudah, maka daripada itu teknologi data mining adalah salah satu alat bantu untuk penggalian data berukuran besar dengan tingkat kerumitan yang cukup mudah. Pengolahan data mining yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tahapan Knowledge Discovery in Database (KDD), agar dapat menghasilkan informasi sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Penelitian ini juga menggunakan tools RapidMiner agar dapat dilakukannya pengujian dengan perhitungan manual dan dengan menggunakan tools RapidMiner. Hasil akhir dari penelitian ini berbentuk informasi mengenai tingkat pengiriman dari para supplier yang terbagi menjadi 3 kelompok pengiriman yaitu tinggi, sedang, dan rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INFOSYS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

INFOSYS Journal adalah jurnal Ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang mencakup bidang ilmu Sistem informasi, Sistem Informasi Geografis, Sistem Pakar dan Sistem Penunjang Keputusan yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, IndoCEISS ...