INFOSYS (INFORMATION SYSTEM) JOURNAL
Vol 6, No 1 (2021): InfoSys Agustus 2021

ANALISIS METODE KANO DAN OPTIMASI PADA LAYANAN WARUNG BAKSO

Mas Ayoe Elhias (Universitas Potensi Utama)
Soeheri Soeheri (Universitas Potensi Utama)
Helmi Kurniawan (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Model Kano merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan kualitas rasa makanan. Sedangkan metode optimasinya adalah dengan menghitung antrian yang ada di warung tersebut. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan warung dan menghitung berapa antrian yang harus dilayani setiap jamnya. Warung Bakso Ojo lali merupakan warung bakso umum yang mampu memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, sehingga tercipta kepuasan bagi para pelanggannya. Berbagai macam keluhan yang sering muncul baik di media cetak maupun dari pengamatan awal membuat analisis indikator kualitas pelayanan Bakso Ojo Lali menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kepuasan konsumen khususnya indikator mana yang paling berpengaruh terhadap kenaikan dan penurunan tingkat kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan diagram Kano dan optimasi antrian untuk menganalisis dan mengkategorikan atribut-atribut kualitas pelayanan, berdasarkan seberapa baik tingkat pelayanan mampu memuaskan kebutuhan pelanggan Warung Bakso Ojo Lali. Hasil analisis nilai diagram Kano lebih baik dan terburuk diketahui atribut-atribut yang mempengaruhi peningkatan kepuasan pelanggan. Optimasi Antrian ini untuk mengetahui jumlah antrian yang ada dalam pelayana, dalam optimasi ini juga dapat diketahui waktu tunggu pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen berdasarkan waktu pelayanan yang diberikan kepada masin-masing konsumen.Berdasarkan hasil analisis ini optimasi antrian dan analisis kano dapat diintegrasisikan menjadi satu kesatuan guna memperoleh kualitas pelayanan dan waktu pelayanan dalam antrian yang akan menghasilakan sebuah kualitas pelayanan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

INFOSYS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

INFOSYS Journal adalah jurnal Ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang mencakup bidang ilmu Sistem informasi, Sistem Informasi Geografis, Sistem Pakar dan Sistem Penunjang Keputusan yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, IndoCEISS ...