Jurnal Komunitas Bahasa
Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI

Sri Rodearni (Universitas Asahan)
Nila Sudarti (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis karangan persuasi siswa dengan pengaruh model pembelajaran Cycle Learning. Sampel Penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-5 yaang berjumlah dengan jumlah 68 orang siswa pada tiap kelas dari jumlah populasi sebanyak 102 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle Learning. Dari pengelolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 84,1 standar deviasi 4,92. Hasil posttest dengan rata-rata 68,2 standar deviasi 18,84. Dari uji data pretest dan posttest di dapat keduanya hasil distribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat t0 sebesar 7,8 setelah t0 diperoleh. Selanjutnya dikonsultasikan dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34+34) – 2 = 66, maka diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 2,00< 5,3> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cycle Learning terhadap kemampuan menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari ...