Jurnal Komunitas Bahasa
Vol 7, No 1 (2019): April 2019

THE EFFECT OF CONTEXT THROUGH APPLICATION OF COOPERATION PRINCIPLES IN CONVERSATION OF STUDENTS’ KINDERGARTEN OF EKASAKTI: PRAGMATIC ANALYSIS

Eva Fitrianti Fitrianti (Unknown)
Lailatul Husna Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Abstrak:Banyak siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti yang belum mampu menerapkan prinsip kerja sama dan konteks bahasa yang tepat dalam suatu komunikasi. Akibatnya, tujuan komunikasi tidak tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan pengaruh konteks yang diterapkan oleh siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti dapat menerapkan maksimal kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Siswa juga melanggar beberapa maksim, yaitu maksim relevansi dan kualitas; dan (2) peran konteks yang membentuk penerapan prinsip kerja sama siswa adalah konteks langsung, termasuk setting, peserta, dan fungsi tindak tutur. Penerapan prinsip kerja sama dan peran konteks bahasa yang tepat, dapat membentuk komunikasi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, komunikasi siswa dapat terjalin dengan baik sehingga tujuan komunikasi dapat tercapai.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari ...