Media sosial saat ini telah berkembang dengan pesat, salah satu aplikasi sosial media yang populer dan sering digunakan adalah Instagram. Hampir semua pengguna media sosial memiliki aplikasi Instagram pada smartphone yang dimiliki. Instagram menyediakan berbagai jenis fitur, salah satunya yaitu fitur multiple account. Fitur Multiple Account memiliki kegunaan untuk dapat memiliki akun Instagram lebih dari satu akun. Saat ini banyak pengguna Instagram yang memanfaatkan fitur Multiple Account. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan data dikumpulkan melalui survei online dengan google form. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan alasan-alasan yang menjadi alasan utama pengguna Instagram untuk membuat Second Account. Alasan-alasan tersebut yang nantinya akan diakumulasikan sehingga menjadi master data. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 15 data alasan yang menjadi alasan utama pengguna Instagram membuat Second Account pada sosial medianya. 15 data alasan tersebut diantaranya yaitu, memposting konten secara bebas denga jumlah yang lebih banyak, memantau akun Instagram seseorang, membuat akun Instagram yang lebih tertutup (privacy), membagikan kegiatan yang hanya dapat dilihat oleh teman terdekat dan orang tertentu, mengikuti akun Instagram online shop, memisahkan postingan pribadi dengan postingan professional, supaya memiliki lebih dari satu akun Instagram, menyembunyikan identitas asli sehingga dapat dengan bebas memposting suatu konten, akun uji coba posting feed sebelum memposting pada akun utama,lebih leluasa mengekspresikan diri pada akun kedua,mempromosikan produk atau jasa yang dijual, menemukan teman baru diluar akun utama, memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit sehingga mampu memperkecil circle pertemanan, menambah jumlah likes pada postingan dan menambah jumlah pengikut pada akun utama, menjadikan akun kedua sebagai akun cadangan jika akun pertama mengalami gangguan atau bermasalah.
Copyrights © 2021