Jurnal Artha Satya Dharma
Vol 9 No 2 (2016): Jurnal Artha Satya Dharma

Pengaruh Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Ni Kadek Ayu Trisnadewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris secara parsial terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 2) Untuk mengetahui pengaruh good corporate governance secara parsial terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 3) Untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris dan good corporate governance secara simultan terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi yang di peroleh dari www.idx.ci.id. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dan uji signifikansi dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Dari hasil persamaan regresi berganda didapat bahwa Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja keuangan perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang artinya jika Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance (GCG) baik, maka akan menyebabkan peningkatan Kinerja keuangan perusahaan. 2) Secara simultan (bersama-sama) Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance (GCG) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan sebesar 56,5%. Berarti Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance (GCG) memberikan sumbangan positif terhadap Kinerja keuangan sebesar 56,5% pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. 3) Secara parsial Dewan Komisaris dan Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Kinerja keuangan perusahaan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ASD

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Artha Satya Dharma merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi manajemen dan diterbikan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Satya Dharma. Artha Satya Dharma diteribitkan pertama kali pada tahun 2007. Artha Satya Dharma diteribitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Maret dan Desember. ...