Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6, No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021

Pengaruh pembelajaran Outdoor Learning dengan strategi Daring terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah USK Aceh

Nurasiah Nurasiah (Universitas Syiah Kuala)
Sharfina Nur Amalina (Fakulti of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abdul Azis (Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Outdoor Learning dengan Strategi daring untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi  belajar mahasiswa mata kuliah Afrika prodi pendidikan sejarah USK, Banda Aceh.  Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester ganjil prodi pendidikan sejarah. Hasil penelitian menunjukkan; (1) prestasi mahasiswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dari kelas kontrol. (2) Pada kelas eksperimen mahasiswa yang mencapai ketuntasan sebesar 92 persen dan pada kelas kontrol mahasiswa yang mencapai ketuntasan sebesar 36 persen. Hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran  Outdoor Learning dengan Strategi daring memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...