Jurnal Bisnis Hospitaliti
Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bisnis Hospitaliti

ANALISIS STRATEGI HARGA WHOLESALE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KAMAR DI BVLGARI RESORT BALI

Rosiana Santi (Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali)
Ni Made Suastini (Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2019

Abstract

Revenue management adalah menjual produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada saat yang tepat dengan harga yang tepat melalui saluran distribusi yang tepat. Untuk memaksimalkan revenue diperlukan strategi harga yang tepat. Bvlgari Resort Bali memiliki dua strategi harga yang digunakan untuk wholesale sebagai market segment paling besar, yaitu dynamic dan static pricing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi harga yang lebih berpotensi untuk meningkatkan pendapatan kamar di Bvlgari Resort Bali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan Revenue Manager Bvlgari Resort Bali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis kualiatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teori dari Herweg & Mierendorff untuk static pricing serta teori dari Forgacs untuk dynamic pricing. Lalu kedua strategi harga tersebut dibandingkan untuk dilihat manakah strategi harga yang lebih berpotensi meningkatkan pendapatan kamar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dynamic pricing lebih efektif dan lebih berpotensi untuk mengoptimalkan pendapatan kamar di Bvlgari Resort Bali dibandingkan dengan static pricing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbh

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is dedicated to the dissemination of research on the exploration and optimization of the hospitality business. Firstly published in 2012, this journal invites contribution from scholars around the world for the following interdisciplinary scope: Hospitality management Marketing ...