Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika
Vol 1, No 2 (2021): JREM

Penggunaan Bioetanol Sebagai Alternatif Campuran Bahan Bakar Pada Mesin Otto

Agus Hariono (Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang)
Bambang Hertomo (Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang)
Kasijanto Kasijanto (Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Abstrak Ketersediaan bahan bakar fosil untuk penggerak kendaaran bermotor semakin menipis, akibat bertambah kendaraan yang beroperasi di jalan raya, sehingga perlu pemikiran energy terbarukan lai sebagai alternatif penggantinya,  Alternatif tumbuhan yaitu singkong sebagai sumber energi sebagai penggantinya perlu pemikiran lanjut. Bioethanol dari singkong ini dilakukan dengan proses fermentasu selama 5 hari dengan dicampu ragi, Tujuan menentukan daya dan torsi terbesar serta sfc terkecil saat menggunakan campuran bioetanol E10, E15 dan E20 dengan pertalite. Metode pengujian daya dan torsi sesuai standar ISO 1585 untuk mendapatkann data, selanjutnya diolah menggunakan statistik. Variabel tetapnya bioetanol (E10, E15 dan E20). Variabel berubahnya daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) dan putaran mesin. Hasil daya terbesar saat menggunakan E10 sebesar 6,67hP dan torsinya 6,58hP sedang untuk E15 dayanya sebesar 6,10hP torsinya 6,22Nm serta untuk E-20 dayanya 6,18hP torisnya 6,36Nm. Sfc terkecil untuk E10 sebesar 0,0120kg/hP,jam dan untuk E15 sebesar 0,0232kg/hP.jam serta untuk E20 sebesar 0,202kg/hp.jam. Kata kunci: bioetanol, daya, konsumsi bahan bakar Abstract The availability of traditional fuels for driving motorized vehicles is running low, due to the increasing number of vehicles operating on the highway, so it is necessary to think about other renewable energy as an alternative replacement. Namely cassava plants as an alternative energy sources as a replacement needs to be thought further. This bioethanol from cassava is obtained through a fermentation process for 5 days mixed with yeast. The aim is to determine the biggest power and torque as well as the smallest SFC when pertalite is mixed with bioethanol E10, E15 and E20. The power and torque testing method is according to ISO 1585 standard to obtain data, then it is processed statistically. The fixed variable is bioethanol (E10, E15 and E20). Free variable is changes in power, torque, specific fuel consumption (SFC) and engine speed. The biggest power is 6.67hP reached when using the E10 while the torque is 6.58hP, when using the E15 the power is 6.10hP and the torque is 6.22Nm then for the E-20 the power is 6.18hP the torque is 6.36Nm. The smallest SFC is 0.0120kg / Hp.hour for E10 and 0.0232kg / hP.hours for E15 then 0.202kg / hp.h for E20. Keywords : bioethanol,  power,  fuel consumption

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JREM

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Control & Systems Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Fokus dan ruang lingkup dari Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika adalah sebagai berikut : 1. Konversi Energi Energi baru terbarukan Emisi dan pembakaran Bahan bakar dan lubrikan Perpindahan massa dan kalor Mesin – mesin pemompa kalor Rekayasa termal dan fluida Komputasi energi Sistem Pembangkit ...