Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Junjungan Pendidikan "Intelektual dan Edukatif"

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS

Suhartini (Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bengkalis)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Sebagian besar siswa tidak menguasai konsep matematika dengan tuntas. Ketika diberikan penilaian, hasil belajar siswa kelas X MIA A pada KD 3.3 hanya mencapai ketuntasan 50%. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Discovery Learning di SMA Negeri 2 Bengkalis. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X MIA A. Jumlah siswa di kelas ini sebanyak 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. selama 3 bulan mulai dari tanggal 1 September s.d 30 November 2018. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA A. Disarankan kepada guru mata pelajaran matematika dan guru mapel yang lain agar menerapkan model pembelajaran ini untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...