Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif

Meningkatkan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas XI.IA.2

Farida Hayati (Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Bengkalis)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI.IA.2. SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Togetherpada siswa kelas XI.IA.2 di SMA Negeri 4 Bengkalis Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dilakukan adalah siswa kelas XI.IA.2 SMA Negeri 4 Bengkalis. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menerapkaModelPembelajaran Kooperatif TipeNumbered Heads Togetheruntuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...