Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XII IS A. Penerapan berbagai model pembelajaran belum bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Selama ini, metode yang digunakan belum bervariasi, Penjelasan guru belum tepat sasaran, pembelajarannya masih bersifat satu arah. Guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Siswa berada pada posisi yang pasif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XII IS A Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penilaian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA A SMA Negeri 2 Bengkalis. Data di kumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2020