Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI A SDN 1 Bengkalis dan didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing 3 kali pertemuan. Tahapan penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diamati dari meningkatnya skor rata-rata aktivitas pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 2,26 (cukup) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 3,045 (baik). Model ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika dari siklus I ke siklus II sebesar 12 % yaitu pada siklus I persentase ketuntatasan adalah 60 %, sedangkan pada siklus II 86%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Copyrights © 2020