Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share

Rantau Alis (Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkalis)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI A SDN 1 Bengkalis dan didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing 3 kali pertemuan. Tahapan penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diamati dari meningkatnya skor rata-rata aktivitas pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 2,26 (cukup) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 yaitu rata-rata nilai 3,045 (baik). Model ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika dari siklus I ke siklus II sebesar 12 % yaitu pada siklus I persentase ketuntatasan adalah 60 %, sedangkan pada siklus II 86%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...