Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X. Selama ini, metode yang digunakan belum bervariasi, Penjelasan guru belum tepat sasaran, pembelajarannya masih bersifat satu arah. Guru lebih banyak mendominasi proses pembelajaran. Siswa berada pada posisi yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas X MIA B Tahun Pelajaran 2017/2018. Prosedur penilaian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA B SMA Negeri 2 Bengkalis. Data di kumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menggunakan model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2020