Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 16 Bantan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa setelah diadakan perbaikan pertama terdapat 1 orang ( 5 % ) siswa yang mendapat nilai rentang 91-100, 3 orang ( 15% ) siswa yang mendapat nilai rentang 81-90, 6 orang ( 30 % ) siswa yang mendapat nilai rentang 71-80, dan 4 orang yang mendapat rentang nilai 61-70( 20 % ), 3 orang ( 15 % ) mendapat nilai rentang 51-60, 2 orang siswa ( 10 % ) yang mendapat nilai rentang 41-50 ,1 orang siswa ( 5 % ) yang mendapat rentang nilai 30-40, dari data tersebut terdapat 10 siswa yang belum tuntas, sehingga dapat dilihat hasil perbaikan pembelajaran pertama ini belum memuaskan dan perlu perbaikan yang kedua. Hasil belajar siswa setelah diadakan perbaikan kedua, terdapat 4 orang (20 %) siswa yang mendapat nilai rentang 91-100, 6 siswa ( 30 % ) mendapat nilai rentang 81-90, 10 orang siswa ( 50 % ) mendapat nilai rentang 71-80. Dari dua data hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa perbaikan pembelajaran kedua telah berhasil dengan baik dengan mencapai ketuntasan 100 %.
Copyrights © 2020