Penelitian ini tergolong kedalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX A sebanyak 32 siswa dan objek penelitiannya adalah methode pembelajaran Peta Bahasa ( Semantic Mappin).. Penelitian ini berlangsung selama 12 Minggu, mulai dari Minggu kedua Agustus 2018 sampai dengan minggu ke dua bulan Nov 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan akt ifitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan methode Semantic Mapping ( Semap ) pada Siswa kelas IXA Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan Semantic Mapping dapat meningkatkan kemampuan dalam proses pengajaran guru dan Aktifitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai angket. Nilai angket Perencanaan Pegajaran guru pada siklus I adalah 77,5 dan pada siklus II adalah 92,5 terjadi peningkatan kenaikan sebesar 32,25 %. Dalam proses pengajaran nilai angket siswa mengalami kenaikan dimana pada siklus I 85 dan pada siklus II 91,6 terjadi kenaikan sebesar 7,76 % dan Nilai angket Aktivitas belajar siswa juga mengalami kenaikan, pada siklus I nilai nya 66,7 dan pada siklus II nilainya 86,7 terjadi kenaikan sebesar 29,98 %
Copyrights © 2020