ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi

ANALISIS HAMBATAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA DARUSSALAM TAHUN 2019

Yuyun Nur Robikhah (Banyuwangi)
Ira Nurmawati (Institut Agama Islam Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

SMA Darussalam adalah lembaga pendidikan tingkat SLTA yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Darussalam. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMA tersebut terdapat hambatan yang dialami karena selain mayoritas siswa berasal dari kalangan Pondok Pesantren serta padatnya jadwal dari pondok sendiri tentunya menjadi faktor munculnya hambatan pembelajaran siswa maupun guru disekolah.Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami guru maupun siswa Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru maupun siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Darussalam. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Conclution Drawing. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa hambatan yang dialami guru biologi di SMA Darussalam diantaranya adalah salah memahami kekuatan kepribadian guruĀ  dalam hal kedisiplinan memulai jam pelajaran masih kurang, pandangan pesimis yang dimiliki guru juga tampak, kurangnya media informasi dan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Adapun hambatan yang dialami siswa diantaranya adalah aspek fisiologis, rendahnya tingkat intelegensi, hambatan dari segi sikap siswa juga terlihat karena siswa sering tidur di kelas dan faktor eksternal yang menghambat siswa juga tampak terlihat dalam aspek lingkungan non sosial khususnya pada lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kata kunci: HambatanĀ  Guru, Hambatan Siswa, Pembelajaran Biologi. SMA Darussalam is a high school level educational institution under the auspices of the Darussalam Islamic Boarding School. In the learning process carried out in high school there are obstacles experienced because in addition to the majority of students coming from the Islamic boarding schools and the tight schedule from the boarding school itself, of course it is a factor in the emergence of learning barriers for students and teachers at school. To find out the obstacles experienced by teachers and students. is to describe the obstacles experienced by teachers and students in learning biology at SMA Darussalam. This research approach uses a qualitative approach with the type of case study research. The data collection technique used observation, semi-structured interviews and documentation. Data analysis was performed by data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The validity of the data was done by triangulation of sources and triangulation of techniques. As for the results of the research that has been done, there are several obstacles experienced by biology teachers at SMA Darussalam, including the misunderstanding of the strength of the teacher's personality in terms of discipline in starting class hours is still lacking, the teacher's pessimistic view is also evident, the lack of information media and the limited facilities and infrastructure available. The obstacles experienced by students include physiological aspects, low levels of intelligence, barriers in terms of student attitudes are also seen because students often sleep in class and external factors that hinder students are also seen in non-social environmental aspects, especially in less supportive learning environments. Keyword: teacher barriers, student barriers, biology learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alv

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang ...