Forum Agribisnis
Vol 11 No 2 (2021): FA VOL 11 NO 2 SEPTEMBER 2021

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Edamame Oleh Konsumen Rumah Tangga Pada Pasar Swalayan Di Jakarta Timur, DKI Jakarta

Nadisha Ghassani (Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman)
Suyono Suyono (Departemen Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Kacang edamame merupakan suatu produk yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan baik produksi maupun pemasarannya karena produk ini memiliki keunggulan, khususnya dari segi rasa dan gizi. Beberapa pasar swalayan saat ini sudah menjual kacang edamame, oleh karena itu, perlu diketahui variabel bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kacang edamame. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran kacang edamame pada pasar swalayan di Jakarta Timur, 2) Mengevaluasi pelaksanaan proses pengambilan keputusan pembelian produk kacang edamame pada pasar swalayan di Jakarta Timur, 3) Mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kacang edamame, 4) Mengetahui variabel bauran pemasaran yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kacang edamame. Penelitian ini dilakukan pada 4 pasar swalayan jenis hypermarket yang ditentukan secara secara purposive. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa :1) Pelaksanaan bauran pemasaran kacang edamame menurut persepsi konsumen dinilai baik, 2) Proses pengambilan keputusan pembelian kacang edamame terlaksana dengan baik, 3) Variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) dan bukti fisik (X5) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan kontribusi sebesar 62,6 %; 4) Variabel promosi (X4) memberikan pengaruh secara langsung yang paling besar dan pengaruh total sebesar 13,9 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fagb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Forum Agribisnis adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi antar peneliti, akademisi, dan penentu kebijakan dan praktisi dalam bidang agribisnis dan bidang terkait lainnya. Tulisan bersifat asli berisi analisis empirik atau tinjauan teoritis dan review buku terbaru. Forum Agribisnis dikelola ...