Rendahnya minat dan prestasi belajar siswa merupakan permasalahan yang mendasar di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan minat dan prestasi belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa, 3) respons siswa terhadap model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) terjadi peningkatan minat dan prestasi belajar siswa disetiap siklusnya, minat belajar siswa memperoleh persentase sebesar 89,3% dan prestasi belajar siswa memperoleh persentase sebesar 90%, ketuntasan belajar siswa siklus I memperoleh persentase 30% kemudian meningkat menjadi 90% pada siklus II; 2) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 81,7%, kemudian meningkat menjadi 97.6% pada siklus II, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 80,8% dan meningkat menjadi 99.2% pada siklus II; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) tergolong sangat baik.
Copyrights © 2021