Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2021)

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Kelas VII-F SMPK St. Gerardus Mayella Kalembu Weri Tahun Pelajaran 2020/2021

Yasinta Anita Kette (Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Weetebula)
Samuel Rex M. Making (Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Weetebula)
Dekriati Ate (Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Weetebula)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesalahan siswa kesalahan siswa SMPK St. Gerardus Mayella Kalembu Weri dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial. Dari 21 siswa kelas VII-A diambil 6 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen tes yang digunakan berbentuk uraian dengan 3 butir soal. Dari 6 subjek dapat disimpulkan bahwa  dapat melakukan kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Berdasarkan hasil persentase diperoleh data untuk kesalahan membaca dan memahami masalah  55%, kesalahan dalam transformasi 53%, kesalahan dalam keterampilan proses 55%, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir 61%.Kata kunci : Tipe Kesalahan Siswa,  Analisis Kesalahan Newman, Aritmetika Sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...