ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan
Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021

Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa

Samiyati Samiyati (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Isti Suratmi (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Jody Santoso (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan layanan perpustakaan kaitannya dengan prestasi akademis mahasiswa di FSMR ISI Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan layanan perpustakaan terhadap pencapaian prestasi akademis mahasiswa. Metode penelitian yang digundengan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Skala Likert. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa: mahasiswa memanfaatkan layanan perpustakaan sebagian besar untuk meminjam buku, dan mengerjdengan tugas kuliah. Pencapaian IPK mahasiswa cukup tinggi dengan IPK terendah 2.83, tertinggi 3.91, dan rata-rata 3.37. Pemanfaatan layanan perpustakaan mempunyai hubungan positif yang rendah dengan prestasi akademis mahasiswa. Artinya, pemanfaatan layanan perpustakaan tidak berpengaruh signifikan dengan prestasi akademis, besaran pengaruh tersebut adalah 0.1%. Mahasiswa FSMR, sesuai lingkup akademis yang dipelajari, mempunyai akses informasi yang luas sehingga prestasi mereka tidak hanya tergantung pada layanan perpustakaan. Dalam proses pembelajaran mereka dituntut menghasilkan karya akademis yang dipelajari dengan praktek langsung di lapangan. Rekomendasi penelitian agar perpustakaan: secara periodik mengevaluasi kebijdengan terkait layanan disesuaikan dengan kebutuhan, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung pembelajaran mahasiswa, menggiatkan sosialisasi layanan, dan menambah fasilitas yang relevan dengan kebutuhan pemustaka. This research discusses the utilization of library services related to students' academic achievement at FSMR ISI Yogyakarta. The purpose of research is to find out the utilization of library services to the triumph of academic achievement of students. The research methods used are descriptive with a quantitative approach using the Likert Scale. From the results of this study, it is known that: students use library services mainly to borrow books and do college assignments. Student GPA achievement is relatively high with the lowest GPA of 2.83, highest 3.91, and the average of 3.37. The use of library services has a low positive relationship with students' academic performance. The utilization of library services has no significant effect on academic achievement; the amount of influence is 0.1%. FSMR students, according to the intellectual scope studied, have access to extensive information so that their accomplishments are not only dependent on their achievements.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAP

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Abdi Pustaka merupakan jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2021, Jurnal Abdi Pustaka adalah jurnal hasil pemikiran, gagasan, dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan kearsipan. Sebelum diterbitkan setiap ...