Paradigma : Journal of Science, Religion and Culture Studies
Vol 16 No 2 (2015): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF (JIGSAW) PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG ENERGI DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SD NEGERI SEPANJANG JAYA II TAHUN 2015

Daenah . (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Sepanjang Jaya II Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Jumlah siswa yang diteliti 24 orang, terdiri dari12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan di kelas IV semester kedua tahun pelajaran 2014/2015 dengan bahan kajian “energi dan penggunaannya”. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2015 sampai dengan Maret 2015.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengumpulan data, dan tahap refleksi. Metode yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan tujuan meningkatkan hasil pembelajaran. Pada awalnya, siswa yang mampu meraih nilai KKM berjumlah 34,4 %. Melalui upaya perbaikan pembelajaran, pada siklus I tingkat kelulusan meningkat menjadi 68,7 %. Pada siklus kedua meningkat menjadi 72,2 %, sementara pada siklus ketiga menjadi 77,7 %

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Paradigma Journal is a journal that contains scientific studies on Science, Religion and Culture, presenting scientific articles, both research results and literature reviews. The Scope of Paradigma Journal Scientific Studies on Science : an interdisciplinary research area that seeks to situate ...