EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 2, No 1: September 2021

Pengaruh Religiusitas, Motivasi, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada KPP Pratama Surabaya Genteng)

Cynthia Dwi Arini (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Arif Rahman (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Mahsina Mahsina (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, motivasi, pengetahuan  dan  pemahaman  perpajakan  terhadap  perilkau  kepatuhan  wajib  pajak orang pribadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Surabaya Genteng. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden dengan pendekatan insidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan diuji dengan validitas, reabilitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t) dengan menggunkaan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, motivasi, pengetahuan dan pemahaman per-pajakan yang dimiliki wajib pajak berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bhayangkara Surabaya. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis Terbit secara berkala ...